Iklan VIP

Redaksi
Rabu, 05 April 2023, 22:23 WIB
Last Updated 2023-04-05T15:25:30Z
JatimSurabayaUnesa

Pahami Ketentuan SNBT, Persaingan Prodi hingga Kuota Penerimaan di UNESA

foto : UNESA

SURABAYA, Clickindonesiainfo.id - Dear adik-adik yang belum lolos di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jangan berkecil hati, karena masih banyak jalan menjadi mahasiswa baru UNESA. Salah satu jalur yang sangat berpeluang untuk ditempuh peserta yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 23 Maret sampai 14 April 2023.

Sebelum mendaftar, Kepala Sub Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa UNES, Sukarmin dalam Sosialisasi SNBT 2023 di UNESA pada Rabu, 5 April 2023 menyarankan, peserta untuk memperhatikan beberapa hal agar peluang lolosnya semakin besar. Adapun yang perlu diperhatikan dan dicatat baik-baik yaitu;

01. Program studi

Sukarmin menjelaskan bahwa, UNESA memiliki sebanyak 76 prodi yang tersebar di delapan fakultas yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) dan Fakultas Vokasi.

Dari jumlah itu, prodi yang bersaing pada jalur SNBP kemarin dan bisa menjadi referensi peserta untuk memilih prodi di jalur tes (SNBT) yaitu; 1) Manajemen, 2) Psikologi, 3) PGSD, 4) Akuntansi, 5) Ilmu Komunikasi, 6) Ilmu Hukum, 7) Gizi, 8) Teknik Informatika, 9) Bisnis Digital, dan 10) Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.

Sementara prodi yang persaingannya terbilang landai dan sanga berpeluang di jalur tes (SNBT) yaitu, 1) Manajemen Olahraga, 2) Kepelatihan Olahraga, 3) Pendidikan Bahasa Jerman, 4) Seni Rupa Murni, 5) Seni Musik, 6) Sastra Jerman, 7) Pendidikan Teknik Bangunan, 8) Fisika, 9) Pendidikan Teknik Elektro, 10) Pendidikan Bahasa Mandarin.

Terkait ketentuan pemilihan prodi jalur SNBT yaitu setiap peserta diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN yang berbeda. “Pilihlah prodi yang sesuai latar belakang waktu SLTA, sesuai minat-bakat dan sesuai kemampuan,” tandas Sukarmin.

02. Kuota penerimaan

Dosen yang homebase di FMIPA itu menjelaskan, UNESA tahun ini tambah daya tampung penerimaan mahasiswa baru yang tentunya memberikan peluang yang besar kepada para peserta jalur SNBT atau UTBK. Adapun kuota UNESA khusus jalur SNBT yaitu 40 persen atau sebanyak 9.166 mahasiswa baru.

03. Ketentuan umum SNBT

Bagi peserta yang mengikuti SNBT atau UTBK ini harus memperhatikan ketentuan umum sebagai berikut. 1) peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali. 2) hasil UTBK hanya untuk mendaftar pendaftaran SNBT 2023. 3) SNBT 2023 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan.

04. Persyaratan peserta

• Memiliki Akun SNPMB.
• Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
• Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).
Sebagai catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan: a) foto terbaru (berwarna), b) stempel/cap sekolah, c) tanda tangan kepala sekolah.
• Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
• Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.
• Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
• Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
• Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
• Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023.

05. Materi Tes UTBK

Sebagai referensi dalam mempersiapkan diri, adapun materi tes UTBK jalur SNBT meliputi; Pertama, Tes Potensi Skolastik (TPS); mengukur kemampuan kognitif. Tes ini mengukur empat aspek yaitu 1) kemampuan penalaran umum, 2) kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, 3) pengetahuan dan pemahaman umum, dan 4) kemampuan memahami bacaan dan menulis. 

“Selamat mendaftar di UNESA dan jangan lupa persiapkan diri dengan baik ya adik-adik semuanya. Semoga hasilnya nanti sesuai harapan dan kita bisa bertemu di Kampusnya Para Juara,” tutur Sukarmin. (ari)

Publisher : Joko Santoso