Iklan VIP

Redaksi
Jumat, 02 Juni 2023, 14:41 WIB
Last Updated 2023-06-02T07:42:12Z
HotelJatimLimbah LinenSurabaya

Memperingat Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hotel Ciputra World Surabaya Berkolaborasi Memanfaatkan Limbah Linen


SURABAYA, Clickindonesiainfo.id – Bumi yang kita tinggali ini perlu dijaga dan dirawat agar terciptanya keseimbangan antar makhluk hidup dan tercipta lingkungan hidup yang nyaman dan tentram.  Menjaga kelestarian lingkungan bisa dimulai dari hal kecil, salah satunya dengan pemanfaatan produk untuk di daur ulang sehingga memiliki fungsi kembali.
Dalam menyongsong Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni, Hotel Ciputra World Surabaya berkolaborasi dengan IC School dan SMPN 12 Surabaya mengadakan workshop shibori pada tanggal 30 Mei 2023. Limbah sprei bekas dan pillow case bekas diubah menjadi hasil karya yang cantik dan menarik. Selain untuk melestarikan lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dari siswa-siswi SMPN 12 Surabaya dan IC School.
 
Workshop diawali dengan kata sambutan dari Ibu Yuni Puspitasari, S. Si., selaku Kepala PKBM Insan Cerdas Indonesia. Mengambil filosofi tradisional dari Bali, 'Tri Hita Karana', yang berarti kunci kesejahteraan manusia yaitu harmoni dengan manusia, alam, dan Tuhan, workshop ini menjadi acara puncak dari rangkaian kegiatan “Kreatif Selamanya 2023. “Workshop shibori dari bahan kain bekas ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kreatif Selamanya 2023, yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dengan cara mengolah kembali bahan bekas menjadi barang baru yang bermanfaat,” jelas Yuni.  
 
Acara dilanjutkan dengan penjelasan dari Bapak Leo Arief Budiman mengenai cara pembuatan motif shibori. Leo menjelaskan “Shibori merupakan teknik pewarnaan dari Jepang. Berbeda dengan batik yang menggunakan lilin dalam proses pewarnaannya, shibori menggunakan teknik jumput, jimpit dan lipat lalu dicelupkan ke cairan pewarna”. Sesi pembuatan kain motif shibori berjalan dengan penuh antusias dari para siswa SMPN 12 dan IC School, para guru, hingga tim Hotel Ciputra World Surabaya. Tidak sedikit pula siswa yang mencoba teknik baru dan dengan kreativitasnya mencampurkan beberapa warna untuk menghasilkan motif dan warna yang unik dan menarik.
 
“Hotel menghasilkan limbah tekstil berupa sprei bekas dan pillow case. Saat ini pillow case dan sprei hotel kami sudah menumpuk dan hal itu menjadi salah satu hal yang harus kami selesaikan. Oleh karena itu, kami sangat antusias dengan kolaborasi yang sangat bermanfaat ini. Dibawah bimbingan Bapak Leo Arief Budiman dan bekerjasama dengan IC School dan SMPN 12 Surabaya, kami yakin kegiatan ini membawa dampak positif bagi lingkungan” ungkap Treti selaku Director of Human Resource Hotel Ciputra World Surabaya.
 
Tidak berhenti disitu saja, hasil karya siswa siswi tersebut nantinya akan di pamerkan pada acara bertajuk Kreatif Selamanya. Pameran karya dan talkshow dengan berbagai penampilan spesial diadakan pada tanggal 8-9 Juni 2023 pukul 10.00-21.00 WIB di Royal Plaza Lt. UG. (ari)