Iklan VIP

Redaksi
Selasa, 27 Juni 2023, 18:10 WIB
Last Updated 2023-06-27T11:12:18Z
BisnisEkonomiHotel LuminorIdul AdhaJatimKulinerSurabaya

Sambut Hari Raya Idul Adha, Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya Bagikan Resep Kreasi Menu Olahan Kambing

foto : istimewa (Cii)
 
Surabaya, Clickindonesiainfo.id – Idul Adha sebagai momen yang dinanti bagi umat muslim memiliki kesan yang istimewa dalam setiap perayaannya. Identik dengan daging hewan kurban seperti sapi, kambing, hingga unta. Masyarakat seolah sangat antusias untuk membuat beragam olahan menu makanan berbahan dasar daging tersebut. Melihat hal tersebut, Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya membuat kreasi hidangan berbahan dasar kambing yang berbeda dan unik. Resep kreasi menu tersebut dibagikan dan diunggah melalui media sosial @luminorhoteljemursari.
 
foto : Istimewa (Cii)

Menu olahan kambing tersebut diberi nama “Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce”. Adapun proses memasaknya yakni daging iga kambing di cuci bersih kemudian di potong-potong lalu direbus hingga empuk. Kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kemiri.

Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis bersamaan dengan kelapa parut hingga wangi dan warna nya berubah agak sedikit kecoklatan. Sisihkan sebagian bumbu kelapa untuk ditumis bersama dengan nasi sebagai pelengkap. Langkah selanjtutnya, masukkan daging yang sudah direbus ke dalam bumbu kelapa hingga bumbu kelapa meresap ke dalam daging.

foto : istimewa (Cii)

Setelah matang kemudian sisihkan dan tusuk daging iga kambing menggunakan tusuk bambu dan panggang di atas pan hingga warna nya berubah menjadi coklat gelap dan mengeluarkan aroma bakaran yang nikmat.

Berikutnya, sisa bumbu kelapa tadi di tumis bersama dengan nasi hingga aroma dan teksturnya seperti menjadi nasi goreng. Lalu, untuk membuat saus kacang nya dengan cara menghaluskan kacang tanah, cabe rawit, cabe merah besar, bawang merah dan bawang putih. Saus kacang yang sudah halus, di tumis di wajan hingga harum dan kecoklatan. 

Setelah semua bahan makanan matang, makanan sudah siap untuk di tata dengan cantik di atas piring. Sebagai tambahan taburkan keju mozarella dan aneka sayuran serta acar sembagai pelengkap. Keju mozarella yang sudah ditabur kemudian di bakar menggunakan bakaran “torch” hingga teksturnya meleleh dan warna nya sedikit coklat. Lamb Ribs Skewer with Rock Peanut Sauce sudah siap disajikan dan dinikmati sebagai sajian istimewa di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
 
 
“Proses membuatnya pun terbilang cukup mudah sehingga dapat dipraktekkan di rumah sebagai referensi olahan menu kambing yang berbeda dari yang sudah sering dimasak. Menu kambing yang sering diolah menggunakan santan dan berkuah, kali ini kami kreasikan dengan proses memasak dan penyajian yang sedikit berbeda, tentu nya dengan cita rasa yang khas dari bumbu rempah-rempah Indonesia pilihan dan sebagai kreasi baru penambah tekstur serta cita rasa dengan menambahkan keju mozarella yang sudah di lelehkan. Menu olahan kambing ala Hotel namun bisa dinikmati oleh keluarga di rumah,“ Ujar Sukismanto selaku Executive Chef Luminor Hotel Jemursari Surabaya
 
Luminor Hotel Jemursari Surabaya juga akan menyuguhkan hidangan kreasi tersebut pada tanggal 29 Juni 2023 di Breakfast Rice & Shine mulai dari pukul 06.00 – 10.00 WIB, tamu dapat menikmati beragam sajian menu makan pagi ala Western hingga Tradisional menu lengkap dengan menu andalan Lamb Ribs with Rock Peanut Sauce dengan harga hanya Rp. 105.000 nett per orang. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di instagram @luminorhoteljemursari atau melalui WA di nomor 08113194488. (ari)