Iklan VIP

Redaksi
Senin, 14 Agustus 2023, 14:37 WIB
Last Updated 2023-08-14T07:39:10Z
JatimPembangunan tpt dan pavingProbolinggotidak sesuai spek

Pembangunan Paving dan TPT bernilai ratusan juta didesa Tongas kulon diduga tak sesuai SPEK dan RAB

Tampak bangunan jalan paving dan TPT dari Dana desa 2023 di desa Tongas kulon



Probolinggo || Clickindonesiainfo.id -  Pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari Dana desa (DD) tahun 2023 desa Tongas kulon kecamatan Tongas kabupaten Probolinggo diduga dilaksanakan tidak sesuai spesifikasi teknik pembangunanya. 

Hal ini usai pegiat swadaya masyarakat meninjau lokasi pembangunan jalan paving dan tembok penahan tanah (TPT) di dusun Krajan rt. 01 rw. 01 . "Jalan paving senilai Rp. 128.846.000  dan TPT dengan anggaran Rp. 117.652.350 diduga dilakukan langsung oleh kepala desa. Hal ini sesuai dengan hasil konfirmasi warga yang kompak menyatakan bahwa pekerjaan itu dilakukan dibawah kendali kepala desa langsung. Ungkap Rolan , ketua LSM barisan pemerhati pembangunan Jawa Timur. 

Rolan menambahkan bahwa seharusnya kan pengerjaannya menjadi tanggung jawab TPK, yakni tim pelaksana kegiatan. Tapi hasil investigasi kami menyatakan bahwa kades lah yang melaksanakan,warga hanya dilibatkan sebagai pekerja kasar saja. Ungkapnya

Hasil pengamatan media ini di lokasi, tampak pasir pasang TPT mudah rapuh dan bangunan juga terdapat Keretakan hal ini diduga karena galian pondasi yang kurang dalam atau tidak sesuai Spek dan RAB nya. 

Hal sama juga tampak pada pengerjaan jalan paving di dusun yang sama yakni Krajan rt. 01 re. 01 dimana kondisi paving tampak kasar diduga bukan ukuran K. 300 umumnya spek untuk jalan, ditambah lagi bantalan paving yang terlihat hanya berupa pasir kasar atau sering disebut pasir grasak dengan ketebalan hanya 2 hingga 3 cm saja. 

Terkait pekerjaan jalan paving dan TPT yang diduga tidak sesuai SPEK dan RAB nya, kepala desa Tongas kulon, Solikin pada media ini malah balik bertanya. "Sampean sebagai apa " namun setelah dijelaskan kalau dari media atau wartawan, Solikin hanya membalas "Ok." Via whatsapp.(red/tim)