Iklan VIP

Redaksi
Jumat, 03 November 2023, 17:15 WIB
Last Updated 2023-11-03T10:16:27Z
JatimPasuruanPolres Pasuruan Kota

Kapolres Pasuruan Kota Mengungkapkan Fakta Seputar Patroli yang Menyebabkan Opini Negatif



PASURUAN, Clickindonesiainfo.id - Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Makung Ismoyo Jati, S.I.K., M.I.K, mengadakan konferensi pers pada Jum'at, 3 November 2023, di Aula Sanika Satyawadha. Konferensi pers tersebut bertujuan untuk menanggapi opini negatif yang beredar terkait tindakan anggota yang dilakukan selama patroli.

Dalam konferensi pers tersebut, Kapolres menjelaskan maksud dan tujuan dari patroli yang dilaksanakan oleh Satuan Samapta dengan tegas dan jelas. Ia menyampaikan narasi yang telah ditampilkan pada layar utama, memberikan pemahaman yang lebih baik kepada media dan menghilangkan asumsi atau kesalahpahaman yang ada.

"Konferensi pers kali ini akan saya sampaikan dokumentasi dan informasi terkait adanya isu pada saat pelaksanaan patroli sat samapta Polres Pasuruan Kota di beberapa lokasi yang merupakan sasaran Operasi Mantab Brata 2024." Sambut Kapolres.

Dalam acara tersebut, dipublikasikan kegiatan Satuan Samapta yang melaksanakan tugas patroli sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, berdasarkan analisis dan evaluasi dari Bagian Operasi. Untuk menghindari kesalahpahaman dalam pemberitaan, Kapolres juga memutar video yang menampilkan kegiatan patroli Satuan Samapta.

"Tindakan anggota Sat Samapta tersebut sudah jelas dan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam setiap pelaksanaan tugasnya yang pada awalnya selalu disertai dengan pengarahan dan surat tugas." Jelas AKBP Makung.

Video yang berdurasi 50 detik tersebut menunjukkan bahwa tidak ada hal yang janggal atau tidak semestinya terjadi selama patroli. Selain itu, dalam video tersebut juga terlihat anggota kepolisian memberikan sapa salam kepada seorang petugas dari salah satu partai politik yang ada di dalam video tersebut.

Menanggapi hal ini, AKBP Makung menjelaskan bahwa sapa salam yang dilakukan tersebut adalah bagian dari ice breaking, untuk menciptakan keakraban dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi anggota yang sedang berada di kantor tersebut. Hal ini juga penting dalam membangun hubungan yang baik antara kepolisian dan pihak-pihak terkait di masyarakat.

"Dalam Operasi Matap Brata 2024 Sat Samapta Polres Pasuruan Kota termasuk Satgas Preventif (pencegahan) dan salah satu tugasnya adalah melakukan pengamanan melalui pengaturan dan patroli di Kantor Partai Politik peserta Pemilu 2024" Imbuh Kapolres.

Tak luput pula wartawan yang menanyakan kejadian tersebut dalam konferensi pers kali ini sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Polres Pasuruan Kota seperti yang diungkapkan oleh Fandi Wartawan Radar Bromo.

"Kami sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh Polres Pasuruan Kota dimana pada tahun lalu hanya pengamanan yang di KPU dan Bawaslu saja, namun kali ini semua peserta Partai Politik juga ikut dipatroli, hal ini akan menimbulkan rasa aman nyaman bagi semua termasuk masyarakat." Ujar Fandi.

Dengan adanya penjelasan dan bukti video yang jelas, Kapolres Pasuruan Kota berharap opini negatif yang beredar dapat teratasi dan masyarakat dapat memahami serta mendukung tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Pasuruan Kota.

Konferensi pers yang digelar oleh AKBP Makung ini diharapkan dapat menjernihkan opini masyarakat dan memperkuat hubungan antara kepolisian dan media Pasuruan Raya.(jack/red)