Iklan VIP

Admin
Selasa, 30 April 2024, 18:51 WIB
Last Updated 2024-04-30T12:25:49Z

Pengabdian masyarakat UJB, Agus Mulyono Praktekan Cara Pembuatan Sabun Cair Cuci Pakaian

 









clickindonesiainfo.id/Yogyakarta (DIY), - Pengabdian masyarakat Kampus Universitas Janabadra (UJB) yang di wakili Dosen UJB Dr Agus Mulyono yang juga ketua Baraprov DIY Memberikan pelatihan cara pembuatan sabun cair cuci pakaian kepada anggota Senam Sehat Indonesia (SSI) DIY di Jln Kompol Bambang no 1 Yogyakarta Selasa (30/4/24).


Agus menjelaskan bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat sabun cair cuci pakaian, yaitu Sulfatan 1 dan 2, garam yang berfungsi untuk membunuh bakteri atau seterilsasi, dan boster supaya berbusa, pewarna dan parfum. Untuk alat- alatnya ember dan pengaduk.









"Proses cara pembuatannya dimulai dengan 1 liter air biasa dicampur garam 100 gram kemudian diaduk dan didiamkan setelah itu ambil air panas 1,5 liter tuangkan dalam wadah dan taburkan Sulfatan 1 seberat 300 gram terus diaduk hingga larut kemudian taburkan Sulfatan 2  seberat 300 gram diaduk kembali hingga larut,"jelasnya.


Agus melanjutkan setelah larut tuangkan air garam ke wadah Sulfatan, tetap sambil diaduk, kemudian tuangkan boster supaya berbusa, pewangi dan pewarna dengan jumlah yang disesuaikan, aduk terus hingga semua bahan tercampur dan larut. Sabun cair cuci pakaian ini dinamakan Agusmo clear (AMC).


"Ini nanti semua ada manfaatnya, dan hasilnya juga kaya apa, kalau memang nanti tertarik bisa pesan bahan - bahannya kemudian Ibu - ibu bisa meraciknya sendiri,"jelasnya.


Selain itu Agus Mulyono juga membuat parfum seterika dan pupuk cair organik, yang hanya untuk pohon - pohon kecil seperti cabe, anggrek dan sebagainya.


Setelah acara pembuatan sabun cair cuci pakaian, kemudian dilanjutkan dengan rapat bulanan Baraprov SSI DIY. (Kaperwil DIY).